Model Mesin Pompa Bensin Dari masa ke masa Di Indonesia

Model Pompa Bensin Tahun 60an









Model Pompa Bensin  Tahun 70an




Model Pompa Bensin  Tahun 80an


 
 


Mesin pompa bensin antik merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki oleh penggila atau kolektor otomotif antik. Rasanya ada yang kurang atau kurang afdol kalo tidak memiliki satu benda ini bila mengoleksi mobil atau sepeda motor antik. Selain sebagai pelengkap koleksi yang berhubungan dengan otomotif antik mesin pompa bensin antik juga merupakan pajangan yang unik,klasik dan langka. Mengapa saya bilang langka karena mesin pompa bensin ini jumlahnya sangat sedikit itu dikarenakan pada waktu lalu keberadaan Pom bensin disuatu kota bisa dihitung dengan jari. Keunikan mesin pompa bensin antik adalah dari berbagai modelnya yang unik dan angka penunjuk harga sampai ukuran liter semuanya serba manual. Keberadaan pom bensin tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjang pertamina sendiri. Sejarah Pertamina dimulai tahun 1950-an, ketika penyelenggaraan negara mulai berjalan normal seusai perang mempertahankan kemerdekaan, Pemerintah Republik Indonesia mulai menginventarisasi sumber-sumber pendapatan negara, di antaranya dari minyak dan gas. Namun saat itu, pengelolaan ladang-ladang minyak peninggalan Belanda terlihat tidak terkendali dan penuh dengan sengketa. Pada tahun 1960 PT PERMINA direstrukturisasi menjadi PN PERMINA. Pemerintah menerbitkan Undang-Undang No. 8 tahun 1971, dimana di dalamnya mengatur peran Pertamina sebagai satu-satunya perusahaan milik negara yang ditugaskan melaksanakan pengusahaan migas mulai dari mengelola dan menghasilkan migas dari ladang-ladang minyak di seluruh wilayah Indonesia, mengolahnya menjadi berbagai produk dan menyediakan serta melayani kebutuhan bahan bakar minyak & gas di seluruh Indonesia. Dalam logopun PT Pertamina mengalami beberapa perubahan .
Sejarah Logo pertamina dari Masa ke masa
Tidak banyak masyarakat yang tahu asal usul logo kuda laut kembar. Harap maklum Pertamina didirikan dalam situasi darurat sehingga pencatatan sejarah logo saat itu dianggap tidak penting.
Logo Kuda laut kembar merupakan gabungan dan pengembangan dari Logo-logo PN Permina dan PN Pertamin , dua perusahaan yang menjadi embrio kelahiran Pertamina. Logo perusahaan sendiri baru muncul ketika PT Permina berubah status menjadi PN Permina tahun 1961 ( Berdasarkan PP No.198 Tahun 1961 ). Logo itu memiliki unsu-unsur yang kira-kira sama dengan logo kuda laut kembar yang kita kenal sekarang. Bedanya, tidak ada bingkai yang berbentuk simetris empat lengkung. Sedangkan Logo PT Pertamina (tahun 1961 berbentuk PN berdasarkan PP No. 3 Tahun 1961) adalah berbentuk bintang api segi lima merah didalam lingkaran berwarna putih.

Penggabungan logo terjadi seiring dengan mergernya PN Permina dan PN Pertamin pada 20 Agustus 1968. tanggal ini dianggap tanggal kelahiran resmi logo sikuda laut kembar, yang sekaligus melambangkan dua arti simbolik, yaitu :
Pertama, kedaulatan bangsa Indonesia atas sumber daya alam mineral minyak dan gas bumi. Hal ini ditandai berdirinya perusahaan milik pribumi sejak tahun 1945, 1957, 1960, 1961, 1968 dan 1971 yang merupakan tahun - tahun bersejarah dari perkambangan perubahan  minyak bumi.
Kedua, harapan jadinya perusahaan minyak yang lebih kuat, disatukan PN Permina dan PN Pertamin,  mengingat saat itu bisnis minyak Indonesia sudah harus berhadapan dengan perusahaan -perusahaan kaliber dunia yang bercokol di Indonesia maupun rekanan di luar negeri.

 

Pada tanggal 10 Desember 2005 sebagai bagian dari upaya persaingan bisnis, logo PT Pertamina (persero) kembali mengalami perubahan, yakni berupa huruf “P” yang merupakan representasi dari bentuk panah.

 

Saat ini banyak kolektor otomotif antik memburu kaleng-kaleng oli produk pertamina yang masih menggunakan logo yang lama yaitu Logo Bintang dan kuda laut kembar sebagai pelengkap koleksinya.
Sebagai penutup "SELAMAT BERBURU MESIN POMPA BENSIN ANTIK"  dan berbahagialah yang mendapatkan/memiliki  barang langka itu..................

Keterangan : Gambar diperoleh dari berbagai sumber